BERAPA JUMLAH TUHAN ?

BERAPA JUMLAH TUHAN ?

Tuhan itu satu untuk seluruh umat manusia. Dalam Weda ada disebutkan: Ekam Sat Viprah Bahuda Wadandi, yang artinya hanya satu Tuhan orang bijaksana menyebut-Nya dengan banyak nama. Jadi jika saya tafsirkan Tuhan adalah satu untuk seluruh penganut agama/kepercayaan di dunia. Tuhan itu dalam bahasa sansekerta disebut Brahma, Wisnu, Siwa, Krisna, Rama, Budha dan lain-lain, Tuhan juga disebut Ida Sanghyang Widi Wasa, Sanghyang Embang, Allah, Yesus, dan lain-lain, sedangkan dalam bahasa Indonesia Dia disebut Tuhan.

Banyak diantara kita yang belum dapat memahami dan menerima kebenaran ini, sehingga tidak dapat terwujud toleransi yang sesungguhnya diantara umat  beragama/kepercayaan. Seharusnya kita umat manusia berusaha menerima kenyataan ini, minimal jika mendengar penganut Weda/Hindu menyebut Siwa misalnya, maka penganut agama/kepercayaan yang lain memahami yang dimaksud Siwa tersebut adalah Allah, Yesus, Budha, dan demikian juga sebaliknya. Jika hal ini tidak dipahami dan diterima terutama di Indonesia, istilah Tuhan seharusnya juga tidak digunakan/diterima. Sekian, semoga bermanfaat.

sumber, disini

berkomentarlah dengan bijak, segala konsekuensi hukum ditanggung pemilik komentar, jadi berhati-hatilah sebelum berkomentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s