Khilafiyyah, dialog yang mungkin dapat memperluas khazanah kita

Douglas Mimba

Mengapa orang2 Islam selalu ingin mewujudkan negara Islam?Suka · · Berhenti Langganan · sekitar sejam yang lalu dekat Montevideo

 

Seberkas Emas Tinta menyukai ini.

 

 

Douglas Mimba Di Negara yg demokratis tdk ada istilah mayoritas maupun minoritas…

40 menit yang lalu · Suka

 

Mohammad Elroy

saya kira analogi kasus GAM itu tidak tepat untuk dijadikan standar atau kriteria dalam mengeneralisir persoalan ini. Arus mainstream politik saat itu tidak mendukung. Namun akibat kegagalan pemerintah mewujudkan janji-janjinya sendiri maka…Lihat Selengkapnya

36 menit yang lalu · Suka

 

Jantung Hati Negara islam,demak tak bisa menguasi nusantara,itu bukti khilafah tidak cocok untuk nusantara,islam adalah malapetaka,akan slalu ada dipertentangkan sehingga mereka akan saling bunuh sesama muslim,tinggal liat aja

34 menit yang lalu melalui seluler · Suka

 

Wayan Wardana Mad, yang tdk dewasa justru yg memunculkan suara pemberlakuan syariat Islam, ini Negara majemuk kannnn? dalam kemajemukan akan selalu terjadi Looo Gituuu, Gua giniiiiii.

32 menit yang lalu · Suka

 

Neverkin Liu Jika negara indonesia brubh bentuk menjdi negara islam brarti sudah bkn indonesia lgi krna dasar negra sdh brubh..jk byk profnsi yg akn memishkan dri dan ingin referendum tdk bs di katakan lg sbgai pembrontakan thdp NKRI..PBB dan kekuatan asing brhak untk intervensi..:) kt lht sja jk smpai indonsia brubh dasar ngra nya..

31 menit yang lalu melalui seluler · Suka · 3 orang

 

Wayan Wardana Setuju Neverkin Liu.

30 menit yang lalu · Suka · 1 orang

 

Yoel Dipa Chandra ingat dasar negara kita adalah pancasila

30 menit yang lalu · Suka

 

Neverkin Liu Sbnar nya bkn bentuk negara islam nya nanti yg di tktuti nonis..msh dalam dasar pancasila sja umat lain sdah mengalami diskriminasi hebat aplg nanti indonsia brbntk ngara syariah.

27 menit yang lalu melalui seluler · Suka

 

Yoel Dipa Chandra aku ga berani bayangkan itu

26 menit yang lalu · Suka

 

Jantung Hati Doktrin islam bisa membuat manusia menjadi penjagal manusia,fakta sampai sekarang islam berbahaya

24 menit yang lalu melalui seluler · Suka · 1 orang

 

Ronald Marzuki membentuk negara islam? lihatlah tindak tanduk fpi!!! belum apa2 sudah menganiaya orang,utk tahun ini yang jadi korban kebiadaban fpi adalah pedagang2 kecil penjual makanan utk kebutuhan hidup&anak2 sekolah, apalagi kalo jadi negara islam,dijamin kebiadaban ormas2 bahkan aparat negara akan lebih biadab&semakin merajalela, penindasan&penganiayaan akan semakin menjadi2 krn saat itu mereka melakukan pelanggaran ham atas nama allah,bahkan memperkosapun a/n allah,kalo begitu apa artinya lagi hidup?

17 menit yang lalu · Suka

 

 

Amar Ar-Risalah biar saya coba jelaskan, namun terserah anda ingin menanggapi bagaimana. konsep islam sebagai negara, berangkat dari penafsiran wahyu Allah yang tercermin dalam perilaku Muhammad di bidang politik.

1. segera setelah hijrah, muhammad segera ditahbiskan sebagai pemimpin mutlaq kota madinah, dimana kedudukannya sebagai hakim, walikota dan panglima tertinggi dengan “mpr” yang langsung dijabat oleh Allah sebagai pembimbing terlaksananya “program”, dalam hal ini syari’at islam. nah, pada periode selanjutnya ketka terjadi perang pertama, Baddar, secara tidak langsung Muhammad mengumumkan berdirinya kekuatan militer dan politik yang berbasis di madinah. jangan lupa, setiap suku di arab memiliki teritori dan wrga sendiri sehingga dapatlah disebut sebagai “Negara”karena tidak tunduk pada kerajaan manapun.

2. setelah ini, Muhammad mulai menyurati kerajaan besar disekitar Hijaz yang pada zaman itu surat langsung kepadaa Raja lazimnya hanya dilangsungkann antar kepala “Negara/kekaisaran” ini menunjukkan secara tidak langsung Muhammad menyejajarkan kedudukan islam sebagai kekuatan politik Ketuhanan, yang berlandaskan untuk menyembah tuhan.

3. islam sebagai negara, sebetulnya tidak muthlaq adanya. akan tetapi seperti halnya semua agama, pastilah dibutuhkan seorang pemimpin atau mufti (pendeta paus, bikhu kepala atau lainnya). nah, didasarkan bahwa islam adalah agama paling tinggi dan sempurna serta tidak bisa tunduk dibawah agama lain, maka dibentuklah organisasi tertinggi untuk mengakomodir keberlangsungan syariat islam, dalam hal ini organisasi tertinggi yang dikenal umat manusia adalah negara. islam sebagai agama tertinggi tentu bukan sebuah ego namun layaknya agama lain yang mengklaim ajarannya lah yang ter agung sehingga pengikutnya dilarang tunduk pada ajaran agama lain.

4. dapat diketahui, dalam islam dikenal adanya hukum perdata dan pidana, seperti pencurian dan pemerkosaan, waris, nikah, perniagaan, hubungan antar bangsa dan pertanian. nah, untuk menjamin semua aspek syariat ini dapat terlaksana, di bentuklah sebuah lembaga, sebagaimana halnya Tahta suci Vatikan namun lebih kearah politik. agar, keterlangsungan syariat ini mendapat jaminan secara de facto dan de jure dari pemerintah.

5. tgas tama manusia, seperti dalam surah albaaqarah adalah ntuk mengelola muka bumi agar menjadi manfaat sesuai fithrah penciptaan alam semesta. pada dasarnya, segala sesuatu diciptakan agar tunduk kepada Allah semata. Tuhan semata. nah, dalam rangka pemanfaatan alam semesta yang disasari peribadatan pada Than ini;ah muslim membbentuk lembaga untuk mengaturnya, dan lembaga yang tertinggi yang lagi lagi dapat menjamin pelaksanaan ini dan memiliki kekuatan hukum adalah negara.

6. agama lain, seperti yahudi mengisyaratkanmelalui tindakan Musa yang menduduki suatu negerri dan mendirikan Kerajaan Israa’il yang akhirnya terpecah menjadi 12 kerajaan, membuktikan bahwa suatu agama memang membutuhkan lembaga, terlebih agama langit, ini berkaitan dengan tugas Muhammad yang “meneruskan dan menyempurnakan” ajaran nabi nabi sebelumnya sesuai perkembangan zaman hingga sekarang.

7. agama lain seperti shinto, zen, dan lain2 pun menganggap Kaisar sebagai perlambang tuhan dan bahwa negara mereka didirikan untuk menjamin penyembahan terhadap Tuhan semata, jadi kurang tepat apabila islam saja yang diserang dalam hal politik langit semacam ini. semoga memperjelas. 3 menit yang lalu · Suka

 

Mohammad Elroy tanpa ngotot pun, sebetulnya syari’at islam telah diberlakukan dinegara ini. lihat saja beberapa aturan perundang-undangan yg telah menjadi bagian dari sistem hukum nasional. Dan secara perlahan-lahan dan bertahap seluruh sistem hukum warisan kolonial, seperti hukum pidana dan perdata akan dilakukan islamisasi.

14 menit yang lalu · Suka

 

Andy Pengelana Punk Indonesia dikompori untuk menjdi negara islam agar mau melawan amerika,hm arab dgn islamnya pintar ya?memanfaatkan kebodohan orang yg terdoktrin islam agar mau menjadi tameng paling depan membela kepentingan arab

14 menit yang lalu melalui seluler · Suka

 

Ronald Marzuki

negara2 islam mana yg rakyatnya punya kebebasan berpendapat apalagi menuntut haknya yg dizolim? arab saudikah?irankah?atau malaysiakah? contohnya malaysia bagaimana rakyatnya dibungkam,lihat bagaimana polisi melakukan kekerasan ketika rakyat malaysia berdemo,itulah negara islam.rakyat dari negara islam saja banyak yg jadi imigran gelap yg mengungsi ke negara barat,malah org kita berkoar2 mau jadi negara islam.INGAT IKLAN LA LIGHT TENTANG KAMBING YG RAKUS DGN RUMPUT TETANGGA YG LEBIH IJO TAK TAHUNYA PALSU!!

12 menit yang lalu melalui seluler · Suka

 

Amar Ar-Risalah

nah, berkaitan dengan penyimpangan yang dilakukan sekarang, lihat lah kembali asal bagaimana Muhammad membina umatny pada masa dulu. mungkin, ini didasari kejumudn dan taqlid ummat zaman sekarang kepada Aamir yang jelas menyimpang, sehingga fungsi legislatif menghilang dari ummat islam. fungsi legislatif zaman muhammad hidup, dijalankan langsung Allah melalui perilaku muhammad dan fatrah wahyu, sedangkan zaman ini seharusnya dijalankan oleh Ahlul Hilli Wal Iqdi, kelompok perwakilan yang menjalankan fungsi legislasi wahyu Allah dalam alquran.

12 menit yang lalu · Suka

 

Adi Benarivo Lepas dari semua kenyataan, jika islam di jadikn dasar negara dn di jalankan dgn benar sesuai dgn Al Qur’an dan Sunnah RasulNya di jamin kebaikannya, dan kaum non muslim juga akan baik2 saja.

11 menit yang lalu melalui seluler · Suka · 1 orang

 

Andy Pengelana Punk Kalo khilafah berdiri dijamin akan seperti TIMTENG,islam akan saling bunuh

9 menit yang lalu melalui seluler · Suka

 

Mohammad Elroy

teori kompor-komporan seperti itu jelas tidak berdasar sama sekali. sebab islam yg menancap didada setiap muslim tentu akan membawa perubahan sikap yg sepenuhnya islami pula. dan akan menolak setiap hal asing yg tidak bersesuaian dengan pandangan hidup islam. kemudian keadaan negara-negara islam yg ada saat ini tidak dapat dijadikan dasar pembanding. sebab keaadaan terus berubah yg oleh sebab bperubahan itu pun menuntut respon dari kalangan islam sendiri dalam memformulasikan sistem pemerintahan yg dapat mengakomudir perubahan itu, agar relevan dan efektif menghadapi setiap tantangan perubahan itu.

7 menit yang lalu · Suka

 

Amar Ar-Risalah

nah, untuk menjamin kemajemukan ummah, dan ini seringkali dilupakan oleh Aamir, ada sebuah ayat yang mengatakan janganlah berbuat kerusakan dimuka bumi. kerusakan dalam tafsiran quran, berarti kerusakan aspek fisik dan sosial. aspek sosial inilah yang seringkali hilang, bahkan ada ang menegaskan Muhammad turun membawa islam untuk menjadi Kasih Sayang Seluruh Alam, inilah yang dilupakan ummahnya sekarang. pada awalnya, di kota madinah dan hijaz saja hidup beragam agama. Muhammad memberlakukan perang hanya ketika mereka melanggar perjanjian, tidak lebih. bahkan Khalif Umar Ibn Khattab Al-Faruuq menjaga sebuah gereja di Jerussalem dari penghancuran tentaranya sendiri dengan tidak mengusiknya sama sekali.

7 menit yang lalu · Suka

 

 

Amar Ar-Risalah yang terjadi pada Demak sebetulnya mereka bukan pure kekuasaan syariah, ini terbukti tidak aktifnya fungsi legislasi dari Ahlul Hilli Wal Iqdi yang dapat menurunkan Raja, namun nyatanya Raja diangkat berdasarkan garis keturunan, sedangkan islam tidak mengenal ningrat dan bangsawan. jadi, Demak tidak dapat dikatakan kekhalifahan, atau keimaman, namun hanya kerajaan yang mengadopsi hukum pidana-perdata islam, bukan politik islam.

sekitar sejam yang lalu · Suka

 

Ronald Marzuki utk amar ar risalah,nabi muhammad kan seorg nabi kan,yg menurut anda cocok jadi khilafah,saya tanya pada anda sekarang,memang pejabat2 di indonesia yg ga doyan duit atau harta? apalagi org indonesia yg egonya lebih tebal dari tembok besar dgn kesadaran yg hampir2 tak ada utk menjadi khilafah, mimpi saja khilafah dari indonesia masih jauh,boro2 dunia nyata,kalo sy membayangkan pemimpin khilafah dari indonesia,benar2 perutku jadi mules sampai mencret2,busyet dah!!!

sekitar sejam yang lalu melalui seluler · Suka

 

 

Mohammad Elroy kalo khilafah berdiri akan saling bunuh, saya kira ini pernyataan yg terlalu mendramatisir keadaan yg sebetulnya tidak sesuai dengan harapan kalangan islam sendiri.

3 menit yang lalu · Suka

 

Andy Pengelana Punk Sebenarnya kalo tak ada perusuh dari islam tak perlu penjagaan tempat ibadah agama lain,semua hanya bersumber dari islam

3 menit yang lalu melalui seluler · Suka

 

Mohammad Elroy itu pernyataan out of konteks

sekitar satu menit yang lalu · Suka

 

Amar Ar-Risalah nah untuk mas Ronald Marzuki saya setuju. negara kita belumperlu wujud nyata negara-agama, tetapi perbaikan perilaku ara cendekiawan dan bangsa serta ekonomi, itu yang menjadi pin.

sekitar satu menit yang lalu · Suka

 

Andy Pengelana Punk Sekarang saja islam tak bisa hentikan teroris,isi kepala umat islam itu seenak otaknya aja agar bisa masuk surga

beberapa detik yang lalu · Suka

 

Amar Ar-Risalah untuk Andy Pengelana Punk, jangan lupa konsep kekhalifahan ada bahkan sebelum benua Amerika ditemukan jadii tudhan ini agak kurang mendasar.

beberapa detik yang lalu · Suka

 

percakapan diambil disini

berkomentarlah dengan bijak, segala konsekuensi hukum ditanggung pemilik komentar, jadi berhati-hatilah sebelum berkomentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s