Salah Satu Hakikat Ajaran Islam

Salah Satu Hakikat AJARAN ISLAM :WASIAT Syeh Siti Jenar “PRINSIP MADYA”

Syekh Abdul Jalil mengajarkan agama Islam secara kaffah antara syariatt, hakikat, thariqat dan makrifat diajarkan secara berimbang dan berjenjang. Ajaran sufinya adalah apa yang disebut sasyahidan. Karena itu ia lebih dikenal sebagai Syekh Lemah Abang atau Syekh Siti Jenar.

Syekh Abdul Jalil tidak sembarangan mengajarkan hakikat dan makrifat hanya orang-orang yang sungguh-sungguh mencari kebenaran yang ia ajari bukan sembarang orang apalagi orang awam. Konon demikian banyaknya para pengikut Syekh Siti Jenar-Syekh Abdul Jalil ini dan mereka memuja-mujanya bagaikan dewa. Padahal yang demikian tidak dikehendaki oleh Syekh Abdul Jalil. Maka buru-buru Syekh Abdul Jalil berpamit meninggalkan padepokan Siti Jenar.

Sebelum pergi ia berwasiat kepada murid-muridnya dan orang-orang yang mengaku sebagai pengikutnya:
“Sebelum aku pergi meninggalkan kalian, sangat baik jika aku tinggalkan wasiat kepada kalian, yang dengan wasiat ini kalian tidak akan tersesat dalam menjalani hidup didunia dan akhirat. Dengan wasiat ini kalian akan selalu berada di jalan Kebenaran sampai ke hadirat-Nya. Maka jangan sekali-kali kalian melepaskan wasiat yang aku tinggalkan ini. Pegang wasiat itu sebagai pusaka”

Pertama-tama, inilah wasiatku :
setiap orang harus sadar jika segala sesuatu yang tergelar di alam semesta ini adalah nisbi. Tidak ada yang berlaku mutlak. Maka setiap orang harus hidup madya (tengah-tengah) ora ngoyo (tidak berlebihan) dan tidak ngongro ( tidak melampaui batas).
prinsip ini hendaknya kalian jadikan pusaka dalam segala hal yang menyangkut kehidupan kalian, baik yang duniawiah maupun ukhrawiah dan Ilahiah.

Dalam kehidupan duniawi kalian bisa memaknai prinsip ini dengan kehidupan yang sederhana dan tidak berlebih-lebihan sehingga membuat seseorang tertimbun harta kekayaannya.

Kalian juga boleh memaknainya dengan pengekangan terhadap nafsu perut dan nafsu syahwat yang sesuai dengan nila-nilai kepantasan manusia.

Kalian juga boleh memaknainya sebagai pengekangan terhadap ambisi kekuasaan yang membahayakan.

Pendek kata maknailah prinsip madya ini sesuai kemampuan akal budi dan hati nurani kalian masing-masing dengan ukuran keseimbangan dan penghormatan atas kehidupan “

“Di dalam kehidupan ruhaniahpun berlaku prinsip madya. Maka aku melarang murid-muridku dan pengikutku untuk bertapa di gua-gua dan di hutan-hutan, kurang tidur, kurang makan, tidak kawin, tidak bergaul dengan manusia yang lain, tenggelam dalam lautan ruhani. Sebab, hak-hak ruhani harus dipenuhi secara pantas. Hak-hak jasmanipun hendaknya tidak diabaikan. Penuhilah hak ruhani dan jasmani secara seimbang, bukan aku menganggap tidak baik perilaku-orang-orang yang meninggalkan keduniawian dengan menjadi pertapa. Semua manusia bebas memilih yang terbaik bagi dirinya, tetapi bagi pengikutku hal seperti ini tidaklah dibenarkan. Hiduplah dengan prinsip ditengah-tengah, yaitu madya.

“Di dalam pengetahuan tentang Yang Illahi pun prinsip madya ini hendaknya tetap kalian pusakakan. Sebab ada diantara umat Islam yang memiliki pandangan berlebihan dalam memaknai Yang Illahi. Mereka memandang bahwa Allah adalah Dzat yang Maha Suci, Maha Sempurna, Maha Baik, Maha Kasih. Sehingga dari Allah memancar Kebaikan, Kesempurnaan, Kesucian dan Kasih. Mereka menganggap mustahil dari Allah memancar ketidak adilan, ketidak sempurnaan, ketidak sucian dan kemurkaan. Pandangan ini sah bagi pengikut paham ini. Pandangan ini benar bagi yang meyakininya”

Tetapi dengarkanlah wahai murid-murid dan pengikutku, bahwa aku Syekh Siti Jenar, tidak pernah mengajarkan keyakinan yang berlebihan dan melampaui batas seperti itu. Ajaranku tetap bertolak pada prinsip madya, di tengah-tengah. Sebab jika seseorang menganggap bahwa Allah adalah Kebaikan, Kesempurnaan, Kesucian, Maha Kasih dan dari-Nya tidak bisa memancar ketidak baikan, ketidak sempurnaan, ketidak sucian dan kemurkaan maka sejatinya orang tersebut telah terperangkap ke dalam jaring-jaring masalah yang rumit yang bakal membawanya ke jurang kemusyrikan. Mereka akan menganggap ketidak baikan dan ketidak sempurnaan berasal dari Dzat selain Allah, yaitu kuasa kegelapan dari kejahatan. Itu berarti mereka menganggap ada dua Dzat yang berbeda, yaitu Allah dan dzat selain Allah. Kalau keyakinan itu diikuti maka orang akan menolak keberadaan Asma Illahi yang saling bertolak belakang (al asma al-mutaqabilah) yang berujung pada Asma Allah sebagai keseluruhan asma Allah yang bertentangan (Majmu al asma al-mutaqabilah). mereka akan menolak nama Allah yang Maha Menyesatkan (al-Mudhill) Yang Memberi Kesempitan (al-Qabidh) Yang Maha Menista (al-Mudzil) Yang Memberi Bahaya (adh-dhar) Yang Membinasakan (al-mumit) mereka juga akan mengingkari bahwa dunia yang tidak sempurna ini berasal dari Allah. Atau mengingkari bahwa iblis, setan mahluk-mahluk kegelapan dan manusi-manusia terkutuk berasal dari Allah. Padahal segala sesuatu berasal dari Allah dan akan kembali kepada-Nya.

Dengan memegang teguh prinsip hidup madya ini, sangatlah tidak masuk akal jika kalian sebagai murid-murid dan pengikutku memperlakukan aku secara berlebihan.

Bagaimana mungkin aku bisa membiarkan kalian menciumi kakiku, merangkul lututku, mengusap jubahku mengelus terompahku bahkan mengambil tanah bekas telapak kakiku. Itu berlebihan. Itu melampui batas. Itu thaghut. Itu pemberhalaan yang justru aku tentang selama ini. Sebab NABI MUHAMMAD SAW, MANUSIA AGUNG yang menjadi PANUTANKU selalu menolak bila diperlakukan secara berlebihan. Dia selalu menampakkan kehambaan dan kerendahan hatinya. Dia selalu berada di tengah-tengah dan mengajarkan agar pengikutnya pun berada di tengah-tengah. Maka mulai saat ini aku katakan bahwa mereka yang memperlakukan aku atau siapapun diantara manusia secara berlebihan dan bahkan memberhalakannya, maka dia bukanlah pengikutku apalagi murid ruhaniku.

Dari uraian diatas jelas bahwa Syekh Abdul Jalil memilki pemahaman Tauhid Ahlussunah wal Jamaah.3

Jadi jika ada orang Islam melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan KEPANTASAN SEBAGAI MANUSIA……….patut dipertanyakan Ke-Islaman-nya……bukan ajaran Islam yang salah,,,,tapi OKNUM-nyaLihat Selengkapnya

13 jam yang lalu · SukaTidak Suka · · BerlanggananBerhenti Langganan

    • Prabhu Singodimejobro_Setyo, dipindahkan ke DOCS aza…🙂

      13 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Abu Jahilyap … ikuti azha ajaran – nya … manunggaling kawulo – gueti…

      13 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion OPO MENEH IKI
      djiakakakakakakakakkakakakkakakak

      13 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Dharma Raksakaislam kejawen jauh lebih bagus ketimbang islam arab, terutama wahabi

      12 jam yang lalu · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Ksetiaan Pangeran Chintaq sepaham dgn ajaran syekh. memang beliau n kanjeng sunan kalijaga lebih hebat ilmux dari pada para gurux. n itu fakta.

      12 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Ksetiaan Pangeran Chintadalam kebatinan pun akan di temukan banyak penyimpangan di luar ajaran islam. yg ternyata kenyataan yg

      12 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Ksetiaan Pangeran Chintaharus d terima bahwa agama tidak sesuai dgn fakta yg ada

      12 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Ksetiaan Pangeran Chintajika kalian masuk dalam dunia spiritual, kalian akan tahu sesuatu yg hrus d rahasiakan dari orang awam, krn jika sampai

      12 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Prabhu Singodimejomuslim kejawen sangat menghargai alam dan sesama…

      12 jam yang lalu · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Ksetiaan Pangeran Chintatahu rahasia ini, maka…

      12 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Ksetiaan Pangeran Chinta ‎–e-(@
      mawar untuk kalian yg berdiskusi dgn damai

      12 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Ksetiaan Pangeran Chinta ‎–e-(@
      mawar untuk kalian yg berdiskusi dgn damai

      12 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion mau nanya sejak kapan MUSLIM KEJAWEN itu ada?
      matur nuhun

      12 jam yang lalu · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Teguh Supriyadipencrtus ajaran muslim kejawen adalah sunan kalijogo anak pinter…

      11 jam yang lalu · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Ellyan Mulyanto islam kejawen lahir ketika membuat kitab “laku sarengat”
      penyerangan demak ke Majapahit dan hindu jawa enggan berperang melawan saudara sendiri makax hindu jawa membungkus ajaranx menjadi islam kejawen..

      11 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion lah kok pake ISLAM??
      penyerangan demak ke Majapahit dan hindu jawa enggan berperang melawan saudara sendiri makax HINDU jawa membungkus ajaranx menjadi ISLAM kejawen.
      napa ga HINDU KEJAWEN????

      11 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Teguh Supriyadiwah ada org keblinger lg ini dek..ajara kok di bungkus…kacang x……peace

      11 jam yang lalu · SukaTidak Suka · 2 orangMemuat…
    • Dede Poetrasjah Nasoetion djiakakakakakkakakakakakkakaak
      jempol 2 buat bang teguh

      11 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion agama kok kayak LEMPER pake dibungkus2
      pesen 2 bang teguh buat dibawa pulang

      11 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Teguh Supriyadi‎1 makan dijalan….tarik

      11 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Ellyan Mulyanto dari uraian postingan diatas semua benar kecuali 2 hal yg salah yaitu
      1. Muhammad SAW adalah nabi agung panutanku..
      ini tdk pernah di ajarkan SSJenar..
      sangat bertentangan dgn wejangan beliau “semua manusia adalah sama, mereka semua mengalami suka n duka, menderita sakit, n duka nestapa tiada beda satu dgn yg lainx, oleh karena itu saya Siti Jenar hanya setia pd satu hal saja yaitu Gusti Dzat Maulana..”

      11 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Dede Poetrasjah Nasoetion <uraian postingan diatas semua benar kecuali 2 hal yg salah yaitu
      1. Muhammad SAW adalah nabi agung panutanku..
      ini tdk pernah di ajarkan SSJenar..>benar apa pembenaran?????
      sebenarnya yg NAMA AGAMA ISLAM Itu syeh JANUR EH JENAR APA NABI MUHAMMAD SAW???
      tua mana sejarah SYEH JENAR AMA NABI SAW??

      bang teguh beli 1 lagi buat kucingku

      10 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Ellyan Mulyanto‎2. bkn ahlusunah waljamaah karena SSJenar mementingkan kerohanian bkn shalat fisik.. wejangan SSJ “tiada pernah aku Siti Jenar menuruti perintah Budi, b’sujud2 dimasjid mengenakan jubah, pahalax besok saja, bila dahi sdh menjadi tebal, kepala berbelang, sesungguhx hal itu tdk masuk akal”

      10 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Alan BogardWah, koq aq tambah puyeng ya…Ksimpulannya!

      10 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Dede Poetrasjah Nasoetion mas alan ngombe bodrek nek puyeng,ngombe bodrex ga mangan ora opo2.
      yg satu bodreknya pake K yga satunya lagi BODREXnya Pake X
      yg asli yg mana??? BODREX kah ATO BODREK????

      10 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Ellyan Mulyanto Syahadat panutup panatagama “Roh ilahi kang ana tetengah yo iku kang dadi Pancering Urip, yo iku kang dadi lanjering Gusti kang dadiyo iku Muhammad kuwayangane sejatine manungso”..
      yg dimaksud Muhammad itu bkn Muhammad SAW yg diarab sono tapi nur Muhammad yg ada ditiap tiap pribadi manusia..
      SSJ melarang muridx percaya pd yg mati tapi kudu percaya pd yg hidup..
      Muhammad SAW kan dah mati..

      10 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Alan BogardMas dede@ ngombe antimo ae lah…Haghag…

      Oh ya, syeh siti jenar dan Nabi Muhammad SAW itu tua mana ya? Trus ajaran mana yg bener?

      10 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Dede Poetrasjah Nasoetion itu yg gw tanya td tp ga dijawab ama bro Ellyan Mulyanto, tau budek apa pura2 ga denger ato ga tau
      gada bedanya kl ga dijawab
      ayo bro Alan Bogard yg palsu yg mana BODREX APA BODREK??

      10 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Teguh SupriyadiKANG YANG BENER ITU SAHADAT PANETEP PANATAGAM…BUKAN SAHADAT PENUTUP PANATAGAMA……JANGAN MINUM BODREX KANG…PUYER BINTANG 7 AJA..BIAR NYAMPEK LANGIT..GITU LHO

      10 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Ellyan Mulyanto kykx ajaran kejawen dah ada yg diplintar plintir nih..
      setyo jatmiko@ anda copas atau dari buku?

      10 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Alan BogardMas dede@ kalo BODREK ya minum BODREX.Betul!

      Haghag…

      10 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion inyah ga dijawab
      bro Ellyan Mulyanto katanya paham ama agama ISLAM KEJAWENNYA
      MANA LEBIH TUA SYEH JENAR APA MUHAMMAD SAW????

      10 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion djiakakakakakakkakakakakka betul katanya bang teguh, supaya sampe kelangit minumnya puyer bintang7
      djiakakakakakakakakkakakakak

      10 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Ellyan Mulyantodede@ jelas Muhammad dan Muhammad SAW dah mati.. dan SSJ melarang muridx peecaya pd yg mati tapi percaya pd yg hidup.. gk dibaca ya..

      10 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Alan BogardWah, yg bener mana nih? Nyari yg Fakta dunk, masak Fiktif…

      10 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetionbukannya syeh jenar yg pelintar pelinter Islam???

      10 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Ellyan Mulyanto dede@ jawaban saya gk jelas atau anda idiot..
      maaf gk asyik diskusi ma lo.. ku pengen diskusi ama yg buat status(setyo jatmiko)..
      mas dede kalo anda pinter gk usah bertanya ma q, dan gk usah sok keminter deh..

      10 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion Faktanya Jelas Muhammad SAW lebih dulu soal keislaman
      trus dateng UJUG UJUG, syeh jenar dgn ajaran sedulur papat limo pancer
      Muhammad SAW ga pernah mengajarkan untuk menyembah dia
      ga pernah mengajarkan buat menyembah KA’BAH,HAJAR ASWAD, TULISAN ALQURAN
      yg patut disembah ya Yg MAHA HIDUP, YG AWAL DAN YG AKHIR, YG KEKAL YG BERDIRI SENDRI

      10 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Alan BogardHaduuhhh, tmbah bingung nih…

      10 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion gada yg pintar didunia ini Apalagi soal agama yg pintar itu cuma YG MAHA TAHU
      kl emang ada
      ga mungkin ada pepatah menuntut ilmu sampai keliang lahatkita berdiskusi berdasarkan fakta

      10 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Alan BogardEll@ jika anda kejawen, apakah anda tahu ‘PANGERAN SEJATI, SEJATINE PANGERAN’ Jika anda kejawen pasti tau artinya…

      10 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka · 1 orangDede Poetrasjah Nasoetion menyukai ini.
    • Dede Poetrasjah Nasoetiontak terjawab….

      9 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Alan BogardWkwkwk

      9 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Adi BenarivoKalo saia tidak salah, dlm islam ajaran syekh siti jenar tdk boleh di pelajari, apalagi di amalkan. Bukan karna ajarannya sesat tpi karna tdk pada tempatnya. Ilmu syekh siti jenar adalah ilmu laduni, ilmu yg berasal langsung dari Allah.. Hnya manusia dgn kdr tertentu yg mendapatkan ilmu ini (dn tdk ada manusia yg kadarnya melebihi nabi Muhammad) karna kadar manusia manusia berbeda-beda, maka tdk mungkin ilmu laduni di ajarkan antar sesama manusia. Dan karna ilmu laduni berasal langsung dari Allah maka hanya daripada Allah kita mempelajarinya, bukan dari sesuatu selain Allah.

      9 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion‎(kalo saia tidak salah) belum tentu benar

      9 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Adi BenarivoKita hanya hamba, pada diri kita berkumpulnya kesalahan2, sedangkan Allah maha benar, maha berkuasa atas segalanya.

      9 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion bener Allah Maha Benar, Tp kl prinsipnya SYeh Jenar melarang muridx percaya pd yg mati tapi percaya pd yg hidup
      apa yakin syeh jenar ga mati??trus ada pernyataan, yg mati itu cuma raga, kl jiwa sejati itu ga mati,
      apa iya syeh jenar itu tuhan yg berkuasa menetapkan yg hidup dan yg mati jiwa sejati seorang Muhammad SAW???
      kl begitu syeh jenar masih Abu2 dunk

      9 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetionsampai saat ini masih ABU2

      9 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Adi BenarivoPangeran sejati, sejatine pangeran.. Mgkn kmu ga ngerti maksudnya, tpi kita anggap aja kamu ngerti, seandainya kamu adalah syekh siti jenar, maka hakikat sejatine pangeran yg beliau maksud hnya berlaku dlm hubungan vertikal antara diri dan asal diri (pencipta diri) tpi tdk dmikian halnya dlm hubungan horizontal antara diri (yg adalah bagian dri bnnda alam ciptaannya) dgn makhluk (yg juga bagian dri bnda alam ciptaannya). Ada garis pembatas yg membedakan hablumminallah wa hablumminannas. Dlm hal ini harus dapat diri ini menempatkan sesuatu pada tmpatnya dan memberi tiap sesuatu haknya.

      9 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion yg gw tanya apa iya Syeh Jenar itu tuhan yg berkuaa menetapkan yg hidup dan yg mati dr JiwaSejatinya Rasulullah SAW?
      kok malah muter2 Hablumminallah ama Hablumminannas
      sedangkan Allah SWT aja meenyebut Muhammad SAW sebagai Rasul bahkan Kekasih Allah SWT
      dmn POSISI KANG JENAR DIMATA ALLAH????
      APA JENAR MENGANGGAP DIRINYA ADALAH ALLAH???
      nambah lagi ORG GOKIL

      8 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Adi BenarivoHehehe, dede… Boleh nanya ngga?

      8 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion pertanyaan gw lom dijawab dah nanya lagi, kalo nyasar ntar tak asi peta biar ga nanya2 muluk
      djiakakakakakakakakakakkakak pisss

      8 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Adi BenarivoPisss!! So.. Pertanyaan mu yg mana yg blm di jwb? Klo boleh prtanyaannya di tulis ulang dgn jelas, biar ku jawab dgn keterbatasanku, en setelah itu aku mau nanya ma kamu.. Se x lgi, peace!!

      8 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Alan BogardAdi@ seandainya kalo saya gak tau arti ‘PANGERAN SEJATI, SEJATINE PANGERAN’. Ngapain juga saya brtanya,Ngemeng2 jwban km itu salah…

      Wkwkwkwk…

      Sorry, bukannya aq smbong

      8 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Adi BenarivoOk, jwbn ku yg mana yg salah, klo mang salah, yg benarnya gimana?

      8 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Alan BogardMaaf, Ini buat pertanyaan khusus buat Ellyanto yg ngaku2 kejawen tp gak tau arti kejawen..

      8 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion xixixixiixiixixiixiixiixixiiix
      masih abu abu

      7 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Adi Benarivo‎?????’

      7 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Adi BenarivoDede,.. Biar ga abu abu di cat jha,.. Xixixixixi….

      7 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Alan BogardAdi@ kita kmbali ke Jawaban Ellyan, bagaimana pandangan km dg jawab2an Ellyan?

      7 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Adi BenarivoMenurut pndangan saya “ehem ehem” jawabn2 saudara Ellyan adalah jawabn dri pertanyaan org lain, bkn pertanyaan saya🙂

      7 jam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Dede Poetrasjah Nasoetion gw suka gaya ngeles anda
      djiakakakakakakakakakakak

      7 jam yang lalu · SukaTidak Suka
    • Ellyan MulyantoAlan@ pertanyaanmu cerdas.. oke tak jawab.. Pangeran sejati Dialah yg luhur dan sakti, yg berkuasa Maha Besar, lagi pula memiliki 20sifat, kuasa atas sgla kehendakNya. Dialah Maha kuasa pangkal mula sgla ilmu. Maha mulia, maha indah, Maha sempurna, Maha kuasa. Rupa warnaNya tanpa cacat seperti hambaNya, didlm raga manusia Ia tiada nampak, Ia sangat sakti menguasai segala kejadian dan menjelajahi semesta. ngindraloka..

      sekitar sejam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Ellyan MulyantoHyang widhi, wujud yg tak tampak oleh mata, mirip dgn Ia sendiri, sifat2x mempunyai wujud seperti penampakan raga yg tiada tampak. warnax melambangkan keselamatan tetapi tanpa cahaya/teja, halus, lurus, terus menerus menggambarkan kenyataan tiada dusta, ibarat kekal tiada bermula,. sifat dahulu yg meniadakan permulaan, karena asal diri pribadi..

      sekitar sejam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka · 1 orangMemuat…
    • Alan BogardBagaimana kalo arti ‘SEJATINE PANGERAN’

      sekitar sejam yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Alan BogardEll@ sblumnya aq mo tanya, apakah anda itu Islam kejawen ato kejawen (Hindu)?

      50 menit yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Ellyan Mulyantosejatine pangeran yo sing gawe awakmu urip..

      49 menit yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Dede Poetrasjah Nasoetion djiakakakkakakaak
      lom terjawab toh bro Alan Bogard

      48 menit yang lalu · SukaTidak Suka
    • Ellyan Mulyantoislam kejawen=hindu dan budha hanya bahasa saja yg beda..

      45 menit yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Ellyan Mulyantosejatining pangeran iku GUSTI=baGuSing aTI..

      26 menit yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Ellyan Mulyantohati kudu dibersihkan dari sifat iri, dengki, fitnah, hasut, dll.. jk hati kotor wah tangeh yen iso ngerti pepadhanging urip.

      23 menit yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka
    • Alan BogardEll@ berarti anda dominan ke Hindu?Betul

      23 menit yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka · 1 orangPrabhu Singodimejo menyukai ini.
    • Ellyan Mulyanto islam kejawen menganggap semua agama sama karena bersumber pd Tuhan YME..
      SSJ mmg gk sepaham dgn para wali songo yg hak2x dah keplindes ma penyuwunan Raja demak

      12 menit yang lalu melalui seluler · SukaTidak Suka · 1 orang

berkomentarlah dengan bijak, segala konsekuensi hukum ditanggung pemilik komentar, jadi berhati-hatilah sebelum berkomentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s