32 Ciri Agung Sang Buddha (Regina Angelika)

Pada dasarnya, Buddha memang bukanlah manusia biasa.
Seorang Buddha, dalam kelahiran terakhirnya.. umumnya memilih untuk terlahir di alam manusia ( yang dianggap paling kondusif sebagai alam untuk menyebarkan Dharma, sebab alam manusia memiliki jumlah kebahagiaan dan penderitaan yang seimbang )

Seorang Buddha memiliki 32 ciri agung pada tubuhnya (yang membedakannya dengan manusia/makhluk biasa)

SUPATITT32 LAKSANA (CIRI) TUBUH BUDDHA
(Dighanikaya Pathikawagga-Laksana-Sutta)

HITA-PADO artinya: Memiliki telapak kaki yang indah atau bagus, misalnya ke dua telapak kaki yang rata sama, ketika menginjak tanah telapak kakinya akan menyentuh tanah bersamaan semua, jika diangkat kakinya juga bersamaan. Jadi berbeda dengan manusia biasa pada umumnya, yang telapak kakinya cekung dan ketika menyentuh tanah tidak bersamaan.. Telapak kaki Buddha mirip lempengan emas warnanya.

PADACAKKO artinya: Kedua telapak kakinya ada gambar Roda Cakra dengan Seribu warna aneka macam, jadi terlihat indah.

AYATAPANHI artinya: Tumitnya panjang, telapak tumitnya ada lingkaran-lingkaran ke dalam dan berwarna merah sangat indah dan bagus.

DIGHAGUNGLI artinya: Jari tangan Nya indah panjang ramping, jari-jari besar bulat tapi ramping.

MUDUTALAHATTHAPADO artinya: Telapak tangan maupun telapak kaki lembut bagaikan kapas yang berlapis 10, juga pergelangan kaki lembut seolah tidak ada tulang.

JALAHATTHAPADO artinya: Telapak tangan dan kaki terdapat gambar seperti jaring ikan, dan ke empat jari tangan Nya sama panjang kecuali ibu jari yang lebih pendek. Jari kaki Nya sama rata.

ASSANGKHAPADO artinya: Ketika berjalan kaki diangkat telapak Nya akan terlihat jelas gambar Cakra dan Jarin-jaring ikan, jika kaki menyentuh tanah berbekas. Tiap berjalan melangkahkan kaki nampaknya ringan dan cepat.

ENICANGGHO artinya: Kaki bagian atas tidak nampak tulang, hanya terlihat daging menyembul menutup tulang.

THITAKOWA artinya: Ketika berdiri ukuran panjang tangan sampai bisa menyentuh lutut., jadi ukuran tangan Nya panjang sekali.

KOSODITAWATTHAGUYHO artinya: Kemaluan Nya terbungkus sarung kulit jadi tidak nampak dari luar, kecuali ada orang yang ingin tahu baru dengan kekuatan kemampuan batin Buddha baru dikeluarkan.

SUWANNAWANNO artinya: Warna kulit Nya seperti warna emas murni, jadi terlihat indah sekali berkilauan cemerlang.

SUKHUMACCHAWI artinya: Kulitnya indah menarik, jika ada debu jatuh ke kulit langsung meleset jatuh ke bawah, jadi tidak bisa menempel.

EKKALOMO artinya: Bulu-bulu dan rambutnya tumbuh dari tiap pori-pori.

UDDHAGGALOMO artinya: Rambut Nya berwarna hijau kemilau dan melingkar ke arah kanan.

BRAHMUJUGATTO artinya: Tubuh Nya lurus tegak tidak melengkung atau bungkuk.

SATTUSSADO artinya: Ada nampak gumpalan daging di 7 tempat; Dua di telapak tangan. Dua di telapak kaki Nya. Tiga lingkaran leher Nya. Jadi jumlah 7.

SAHAPUBBADDHAKAYO artinya: Dada Nya mirip dada Singa sedang duduk. Dada Nya lebar dan seolah menonjol ke depan.

PITATANTARISO artinya: Bentuk pinggang penuh tidak cekung seperti manusia pada umumnya.

NIGRODHAPARIMANDALO artinya: Tinggi tubuh Nya sama dengan ukuran satu depa ke dua tangan Nya bila dibentangkan.

SAMAWATTHAKKHANDHO artinya: Lehernya bulat seperti kakinya lembu emas (sapi bule) dan urat leher tak nampak hingga suara Nya menggema.

RASAGGASAGGI artinya: Saraf lidah Nya ada 700 hingga jika makanan menempel mulai dari ujung lidah sudah terasa enak-nikmat, sampai ke ujung tenggorokan tanpa kecuali, hingga masuk ke perut tetap nikmat rasanya.

SIHAHANU artinya: Dagu Nya berbentuk seperti dagunya Singa nampak indah.

CATTALISADANTO artinya; Jumlah gigi Nya 40 buah, bagian atas 20 buah dan bagian bawah 20 buah.

SAMADANTO artinya: Semua gigi Nya berukuran sama rata tidak ada yang menonjol keluar atau sungsang atau panjang-pendek, jadi terlihat rata gigi Nya.

AWIRALADANTO artinya: Di antara gigi Nya tidak ada celah atau lubang, jadi kelihatan berderet rapi bagaikan mutiara bersinar.

SUSAKKADATHO artinya: Gigi depan ada empat berwarna putih bersih bagaikan bulan purnama bercahaya kemilau.

PAHUTAJIWHO artinya: Lidah Nya bisa menjulur keluar munutup bagian muka atau bisa menjulur keluar membesar.

BRAHMASSARO artinya: Suara Nya seperti suara Dewa Brahma. Dan, Buddha ada 8 macam suara; 1. Merdu. 2. Mudah di kenali atau diketahui. 3. Menarik. 4. Enak didengar. 5. Suara Nya panjang tidak putus. 6. Tidak serak atau pecah. 7. Suara Nya dalam. 8. Bergema jadi bisa terdengar jauh sekali. Suara Nya mirip burung Karaweka nyaring melengking bisa terdengar jarak jauh.

ABHINILANETTO artinya: Bola mata Nya hitam tapi berkilau kehijauan, putih, kuning, merah, jadi terlihat sangat indah menarik.

GOPAKHUMO artinya: Bola mata Nya mirip bola mata Sapi yang baru dilahirkan.

UNNABHAMUKO artinya: Di antara alis mata atau kening Nya ada bulu berwarna putih lembut bagaikan kapas dan memutar ke kanan seperti siput, bulu itu jika dibentangkan panjangnya setengah ukuran lengan Nya.

UNAHISASIKO artinya: Kepala bagian atas Nya nampak indah bagaikan ditutup atau memakai Mahkota nampak keagungan Nya, daging telinga Nya ke bawah, jika dibentangkan bisa sampai telinga ke sebelahnya munutup muka, jadi panjang dan besar sekali.

berkomentarlah dengan bijak, segala konsekuensi hukum ditanggung pemilik komentar, jadi berhati-hatilah sebelum berkomentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s